PEMBERIAN NUTRISI DAN STIMULASI TERBAIK MENDUKUNG KECERDASAN ANAK PADA PERIODE EMAS

Posted: January 18, 2013 in Uncategorized
Tags: ,

Mead_Johnson

smart-children3Periode emas (golden age) anak merupakan masa-masa dimana otak anak berkembang sangat pesat dan paling cepat dalam menyerap informasi. Periode emas berada pada batas umur anak 0-3 tahun.

Perkembangan otak adalah perkembangan yang tidak kasat mata seperti perkembangan fisik anak, oleh karena itu perkembangan otak anak sering sekali diabaikan oleh orang tua. Dalam perkembangan otak anak pada periode emas ini sangat diperlukan peran serta orang tua dalam mendukung perkembangan anak agar perkembangan otaknya menjadi optimal. Peran orang tua pada periode emas disini dapat dengan memenuhi nutrisi yang optimal diperlukan anak dan stimulasi pada anak pada periode tersebut.

Nutrisi

Ch06-2Otak janin mengalami periode pertumbuhan cepat (Brain growth spart) pertama kali pada saat kehamilan trisemester ketiga. Pada trisemester ketiga ini, sel neuron (sel-sel otak) pada otak besar membelah dan membagi dengan cepat. Masa pertumhuna emas otak (Brain growth spurt) tahapan kedua terjadi saat bayi baru lahir sampai usia 3 tahun. Usia bayi 0-6 bulan sangat disarankan untuk diberikan ASI ekslusif. ASI mengandung mengandung nutrisi yang cukup hingga bayi berusia 6 bulan. Menginjak usia 6 bulan sampai 3 tahun bayi mulai diberi makanan sesuai kebutuhan tubuhnya.

12

Asupan zat gizi adalah factor utama yang berperan meningkatkan kecerdasan otak secara optimal. Otak dibentuk oleh lemak, sedangkan sel saraf dibentuk oleh protein. Beberapa nutrisi dangat berperan penting dalam menentukan tingkat kecerdasan anak.

Secara umum untuk tumbuh kembang anak, termasuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada masa emas diperlukan zat gizi makro dan zat mikro.

Zat Gizi Makro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar dengan satuan gram. Zat gizi yang termasuk kelompok zat gizi makro adalah :

  • Protein

Protein merupakan zat gizi yang berfungsi sebagai zat pembangun. Dalam kaitannya dengan proses kerja otak, protein, terutama dalam bentuk asam amino seperti glisin glutamate dan tryptophan sangat diperlukan membentuk neurotransmitter penghantar impuls saraf dan mempengaruhi perilaku seperti emosi, control dan konsentrasi

Asam amino esensial adalah jenis asam amino yang dibutuhkan namun tubuh justri tidak dapat memproduksi sendiri dan diperoleh dari asupan makanan, contohnya antara lain cystine dan lysine.

  • Lemak

Secara kimia, otak yang banyak mengandung membrane lemak. Khususnya untuk perkembangan otak, ahar otak dapat berfungsi dengan baik diperlukan asam lemak omega 3 dan omega 6. Omega 3 Asam alfa linoleat termasuk dalam kelompok asam lenak tak jenuh ganda rantai panjang (Long Chain Polyunsaturated Fatty Acid =LCPUFA). LCPUFA merupakan pembuat utama system saraf. Ekkurangan (defisiensi) omega 3 akan menyebabkan adanya gangguan pada system penglihatan, daya ingat, gangguan perilaku dan kekebalan tubuh. Omega 3 terdapat pada brokoli, bayam, daun selada, unggas dan beberapa ikan seperti tuna, salmon, sardine.

Omega 6 merupakan LCPUFA. Omega 6 diubah menjadi asam arakhidonat (AA). AA berfungsi sebagai penghantar rangsang antar sel saraf dan membantu perkembangan otak.

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber zat atau energy. Energy sangat dibutuhkan otak sebagai sumber energy sel-sel otak dan pembentukan kabel saraf otak untuk proses berpikir. Karbohidrat juga berperan untuk menangkap dan menyimpan data dalam memori otak.

Zat Gizi Mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil atau sedikit tapi ada dalam makanan seperti vitamin dan mineral.

  • Vitamin

Vitamin berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dan balita serta pembentukan dan pengembangan fungsi sel-sel otak seperti peran Vitamin A dalam membantu pembentukan dan pertumbuhan sel saraf. Vitamin A banyak terdapat pada wortel, hati sapi, hati, ayam, jeruk dan bayam

  • Mineral

Mineral adalah unsure pelengkap yang membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita. Jenis-jenis mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan otak adalah sodium, potassium, kalsium, besi, seng, yodium dan klorida / sebut saja sodium, potassium dan kalsium berperan dalam proses neurotransmitter antara satu sel dengan sel saraf lain termasuk sel otak. Mineral lain yaitu zat besi (Fe) berfungsi untuk pembentukan myelin (selaput lemak pelindung akson). Zat besi juga berguna untuk kecepatan penghantar saraf, pemrosesan indormasi dan kecerdasan.

Stimulasi

anakStimulasi adalah rangsangan yang datang dari lingkungan luar anak. Stimulasi merupakan hal yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Anak yang mendapat stimulasi yang tearah akan lebih cepat berkembang dibandingkan dengan anak yang kurang atau bakan tidak mendapat stimulasi.

Setiap anak perlu mendapat stimulasi rutin sedini mungkin dan terus-menerus pada setiap kesempatan. Anak yang mendapatkan stimulasi lebih cepat berkembang dibandingkan dengan yang kurang atau tidak mendapat stimulasi. Kurangnya stimulasi dapat menyebabkan penyimpangan tumbuh kembang anak bahkan bisa menyebabkan gangguan yang menetap.

Stimulasi juga merupakan penguat hubungan antara orang tua dengan anaknya. Misalnya seorang ibu yang memberikan stimulasi/permainan kepada anaknya, menyebabkan anak tersebut menjadi senang dan berinisiatif untuk melakukan permainan dengan ibunya sehingga menciptakan suasana kasih sayang.
Kemampuan dasar yang dirangsang dengan stimulasi adalah perkembangan anak yang meliputi kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian.
Sebagaimana kita ketahui pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat. Sedangkan perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian . Perkembangan anak selalu berhubungan erat dengan pertumbuhan anak. Perkembangan kemampuan dasar anak mempunyai pola yang tetap dan berurutan.
Pada tahap  perkembangan, diawali dengan perkembangan kognitif yang ditandai dengan perkembangan sensoris dan motoris contohnya memberikan stimulasi visual mainan dengan gerak dan warna-warna atau bunyi yang indah diletakkan di ranjang bayi. Hal tersebut akan meningkatkan perhatian bayi terhadap mainan yang diketahui dari gerakan dan suara bayi tersebut. Kemudian tahap belajar mendengar dan berbahasa ditandai dengan mulai meniru kata-kata. Pada anak yang sudah bisa berjalan dan berbicara akan melakukan penjelajahan (eksplorasi) dan manipulasi terhadap lingkungan yang merupakan perwujudan motif kompetensi. Motif kompentensi ini bersifat bawaan, tetapi dapat ditingkatkan atau dikurangi  oleh lingkungan (stimulasi).

Berikut ini adalah tips dalam memberikan stimulasi/rangsangan anak pada masa golden age guna mengoptimalkan kecerdasan mereka:

1. Stimulasi yang Anda berikan bisa berupa pengalaman di alam terbuka. Untuk anak-anak pengamatan mereka akan alam sangat detil. Anak-anak biasanya akan belajar banyak dengan hanya mengamati. Orang tua bisa bercerita tetang alam dan binatang. Jawablah pertanyaan anak dengan bahasa mereka yang sederhana. Dan lebih banyak ajukan pertanyaan untuk menggugak rasa ingin tahu anak.

2. Anak juga belajar dengan mengamati dan meniru Anda. Maka sebagai orang tua Anda bisa menstimulasi mereka dengan menjadi teladan anak. Kalau Anda senang membaca, kemungkinan besar anak pun akan demikian.

3. Jangan berikan target, tetapi hargailah anak atas usahanya. Kalau anak diberi standar-standar harus bisa membaca pada usia sekian, anak harus pandai membaca, mkaa anak akan mati-matian menyenangkan orang tuanya walaupun hati mereka tidak bahagia.

4. Pujilah mereka atas usahanya. Berikan mereka reward atas usaha yang telah mereka berikan dengan hal yang bermanfaat, misalnya dengan mengajak mereka jalan-jalan ke toko buku, taman pintar, water boom dan lain-lain.
5. Berikan mainan yang bermanfaat bagi perkembangan keterampilan anak seusia mereka. Berilah mereka kasih sayang dan rasa aman sehingga mereka pun akan sanggup memberi kasih sayang pada sesamanya. Di masa golden age, jika peran orang tua membahagiakan dalam kehidupan mereka, memori ini akan terkenang selamanya dan membawa pengaruh positif di kehidupan dewasa mereka kelak.

Untuk itulah sesuai dengan misinya Mead Johson yang selama lebih dari 100 tahun peduli sekali terhadap tumbuh kembang anak dengan menyediakan nutrisi awal terbaik untuk mendukung tumbuh kembang anak, Mead Johnson berkomitmen untuk terus menerus melakukan penelitian dan inovasi dalam bidang nutritional science. Mead Johnson telah memiliki lebih dari 30 studi ilmiah dalam bidang tumbuh kembang anak, salah satunya adalah perkembangan otak anak. Berbagai studi ilmiah ini dilakukan oleh Mead Johnson untuk mendukung pengembangan produk-produknya untuk memastikan manfaat optimal dari produk-produknya tersebut” Mead Johnson secara konsisten melakukan penelitian dalam hal nutrisi anak dan tahap awalperkembangan dan pertumbuhan otak dan telah menghasilkan lebih dari 30 studi ilmiah. Salah satu studi ilmiahnya adalah mengenai peranan DHA dalam perkembangan otak anak. Empat studi klinis yang dilakukan terhadap bayi dan anak, dimana terbukti secara klinis bahwa pemberian nutrisi dengan kadar DHA 17mg/100kkal dan ARA 34mg/100kkal pada bayi dan anak meningkatkan kemampuan memecahkan masalah (problem solving)i, meningkatkan kemampuan verbal (verbal IQ)ii, dan meningkatkan mental development index sebanyak tujuh poiniii pada tiga tahuniv pertama.

enfamama_03EnfaMama A+ dilengkapi dengan, Kolin, Asam Folat, Antioksidan Vitamin C yang diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan si kecil selama masa kehamilan dan menyusui.

imgenfagrowquick

Enfagrow A+ dengan Enfa A+ Formula, yaitu komposisi unik Kolin, Prebiotik Fos & Gos, Antioksidan Vitamin
C & E

Selama masa 3 tahun pertama kehidupan seorang anak, otak tumbuh dan berkembang pesat. Nutrisi dan stimulasi yang tepat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otaknya, terutama dalam kemampuan seperti memori, daya konsentrasi, dan memecahkan masalah. Hal ini membantu mendukung kemajuan belajar si kecil. Si kecil juga membutuhkan nutrisi yang mendukung daya tahan tubuhnya. Dengan ketahanan tubuh yang lebih baik, si kecil dapat belajar lebih banyak, di mana saja. Ini akan mendukung kemajuan belajar si kecil.

imgenfakidquick15Enfakid A+ dengan Enfa A+ Formula, yaitu komposisi unik Kolin, Prebiotik Fos & Gos, Antioksidan Vitamin
C & E

Setelah 3 tahun, otak si kecil terus tumbuh & berkembang, mengubah pengalaman menjadi pengetahuan. Nutrisi dan stimulasi yang tepat dibutuhkan untuk terus mendukung tahapan tumbuh kembangnya, seperti meningkatkan kemampuan kognitif seperti penalaran dan logika. Hal ini membantu mendukung kemajuan belajar si kecil.
Si kecil juga membutuhkan nutrisi yang mendukung daya tahan tubuhnya. Dengan ketahanan tubuh yang lebih baik, si kecil dapat belajar lebih banyak, di mana saja. Ini akan mendukung kemajuan belajar si kecil.

Kesimpulan yang dapat ditarik: Pada masa golden age, orang tua harus menaruh perhatian lebih. Periode ini merupakan periode kritis terhadap perkembangan anak. Nutrisi untuk anak harus diperhatikan dengan baik. Kebutuhan kalori, protein, vitamin, mineral dan unsur-unsur lainnya harus tercukupi agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Selain faktor nutrisi, anak juga harus distimulasi untuk mengoptimalkan perkembangan kecerdasannya. Stimulasi yang diberikan harus dapat mengoptimalkan perkembangan motorik kasar, motorik halus, bahasa, dan personal sosial anak.

http://www.meadjohnson.co.id/our-brands/enfa/enfagrow-a

Rev1-Enfa-DHA-HomeBanner (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s